10 Grinder Kopi Terbaik Elektrik dan Manual 2021

Grinder Kopi
@pixabay

Grinder Kopi terbaik sangat dibutuhkan bagi para pembuat kopi maupun penikmat kopi. Kopi adalah minuman favorit bagi banyak orang. Terdapat beragam varian kopi yang ada di dunia dan sudah banyak yang memiliki resep kopi sendiri. Banyaknya menu yang dapat diracik dari kopi memberikan peluang bagi banyak orang.

Untuk membuat kopi yang nikmat, diperlukan biji kopi yang baik. Kopi dapat dinikmati jika biji kopi telah diolah dan digiling. Cara dan alat penggilingan yang berbeda akan menghasilkan aroma kopi dan rasa yang berbeda pula. Peminumnya pun akan lebih menikmati kopi yang diseduh dengan aroma yang khas.

Mesin penggilingan kopi juga harus khusus karena akan menghasilkan serbuk kopi yang berkualitas. Berbagai macam hasil gilingan kopi juga akan mempengaruhi rasa kopi tersebut. Semua ini dapat ditentukan oleh mesin penggiling kopi yang digunakan.replica rolex paypal Berikut ini adalah beberapa daftar grinder yang dapat dijadikan referensi dalam memilih mesin penggiling kopi.

Grinder Manual

Jenis grinder yang paling dasar adalah jenis grinder manual. Grinder manual adalah mesin penggiling kopi yang dapat menggiling kopi secara manual. Maksudnya di sini adalah mesin ini bekerja ketika penggunanya memutar tungkas mesin penggiling ini. Pengguna harus memiliki kekuatan yang besar untuk menggiling kopi dengan menggunakan mesin ini. Hal ini dikarenakan mesin manual memiliki tuas yang sangat besar.

Biasanya grinder manual ini banyak ditemukan di rumah-rumah ataupun warung kecil yang menyediakan kopi untuk beberapa orang. Tingkat produksi bagi yang menggunakan grinder manual ini biasanya terbatas. Selain itu, penggguna juga dapat menyesuaikan tekstur dari kopi yang diinginkan.

Grinder Elektrik

Jenis grinder yang modern adalah grinder elektrik. Grinder ini berjalan dengan mesin elektrik dengan memanfaatkan tenaga listrik. Mesin grinder ini dapat bekerja secara otomatis sehingga lebih mudah untuk digunakan. best replica breitling site Selain itu, dengan menggunakan mesin ini akan mendapatkan tekstur kopi yang lebih halus. Mesin ini juga bisa disesuaikan tekstur kopi yang diinginkan, halus ataupun kasar. Dari dua jenis grinder ini, terdapat berbagai merek grinder yang dapat menjadi pilihan.

Baca juga: Harga Penggiling Daging Terbaru

Penggiling Kopi terbaik:

1. Grinder Kopi Casadio CM.

Grinder kopi merek Casadio CM ini merupakan grinder rumahan. Grinder ini sangat cocok bagi para penikmat kopi yang ingin membuat kopi di rumah. Grinder merek ini sangat mudah digunakan dan dapat menghasilkan kopi yang halus karena menggunakan burr. Selain ini, mesin penggiling kopi ini memiliki kapasitas yang lumayan besar yakni 1.2 kg. Grinder kopi ini menggunakan mesin otomatis sehingga sangat mudah digunakan.

2. Grinder Kopi Delonghi Digital KG521.M.

Grinder terbaik datang dari merek Delonghi di mana grinder ini memiliki mesin kopi 18 jenis. Selain itu, mesin penggiling kopi ini memiliki 3 pengaturan kekuatan penggilingan yakni Espresso, French Press dan Kopi Drip. Terdapat panel LCD digital yang akan membantu untuk mengontrol kecepatan mesin penggiling. Mesin ini juga memiliki pembersih otomatis yaitu Dedicate Pump.

3. Grinder Nouva Simonelli.

Grinder ini adalah salah satu grinder yang paling terkenal. Mesin penggiling kopi ini memiliki kualitas yang sangat bagus dibanding dengan mesin lainnya. Mesin ini juga sangat mudah digunakan dan praktis untuk menyajikan kopi. Kapasitas mesin ini adalah 13 kg dan dilengkapi engan panel LCD di bagian depan.

4. Grinder Kopi Horia V60.

Grinder kopi yang satu ini merupakan salah satu grinder elektrik yang mudah digunakan. Grinder ini didesain dengan indah sehingga memudahkan pengguna untuk menyeduh kopi secara manual. Mesin ini menggunakan stainless steel sebagai material grindingnya. Stainless steel juga terkenal sangat awet dan tahan lama.

5. Grinder Kopi Eureka Mignon.

Grinder kopi Eureka adalah grinder yang sangat mudah dioperasikan. Grinder ini menggunakan daya listrik sebesar 225 watt. Dengan berat 4.5 kg, grinder ini dapat bekerja dengan kecepatan 1350 RPM.

6. Grinder Kopi Hario Slim.

Grinder ini sering disebut juga Mini Mill karena mesin ini memiliki desain yang ramping. Grinder ini walaupun dari kaca dan plastic, namun tidak rapuh dan tidak mudah pecah. Tabung penampung biji kopi pada mesin ini menggunakan plastic yang kuat dan anti lecet.

7. Grinder Porlex Mini.

Grinder Porlex Mini merupakan salah satu grinder manual yang memiliki ukuran mini. Grinder ini sangat sederhana namun sangat mudah digunakan. Grinder Porlex ini terbuat dari bahan metal sehingga terlihat lebih elegan.

8. Grinder Latina.

Grinder Latina merupakan grinder elektrik di mana pengguna tidak harus menggiling kopi secara manual. Cara menggunakan grinder ini juga sangat mudah karena biji kopi hanya butuh dimasukkan dan tunggu hingga halus.

9. Grinder Baratza.

Grinder Baratza bukan lagi grinder rumahan yang memiliki kapasitas rendah. Grinder ini lebih banyak ditemui di café yang berkonsep modern.

10. Grinder Krups.

Grinder ini memiliki penampilan yang mewah dan juga ringkas. Hasil gilingan kopi dari griner ini cukup konsisten dan dengan daya listrik yang hemat.

Cara Memilih Grinder Terbaik:

Terdapat berbagai macam jenis penggiling atau grinder kopi yang data dipilih. Namun, sebelum menentukan grinder kopi yang harus digunakan, ada beberapa hal yang harus diketahui. Berikut adalah tips dalam memilih grinder kopi agar sesuai dengan keinginan dalam menghasilkan kopi yang berkualitas.

  1. Pilih Mesin yang Sesuai.
    Terdapat berbagai macam grinder, namun tidak semuanya nyaman digunakan. Ada beberapa orang yang nyaman dengan grinder manual, tapi juga sebagian lebih nyaman menggunakan grinder elektrik. Selain itu, hasil yang didapat dari grinder ini juga berbeda.
    Sebagian orang memilih grinder yang dapat menghasilkan hasil gilingan yang kasar. Namun, beberapa orang ada yang menyukai bubuk kopi yang halus. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka dapat dipilih grinder dengan mesin pisau atau burr. Grinder dengan pisau memiliki harga yang murah dan akan menghasilkan bubuk kopi yang kasar. Sedangkan yang menggunakan burr harganya lebih mahal namun akan menghasilkan bubuk kopi yang lebih halus.
  2. Pilih Grinder dengan Kapasitas yang Sesuai.
    Pemilihan kapasitas biji kopi dalam grinder juga harus tepat. Jika grinder hanya akan digunakan untuk anggota keluarga, maka grinder kecil sudah cukup. Sesuaikan kapasitas dengan jumlah orang yang meminum kopi. Sedangkan untuk kopi dalam café, maka bisa memilih grinder kopi yang memiliki kapasitas besar.
  3. Pilih Merk yang Berkualitas dan Terpercaya.
    Ada banyak pilihan grinder dengan berbagai merek. Mereka menawarkan grinder erbaik, namun terkadang kualitasnya di bawah rata-rata. Pemilihan grinder dengan kualitas tinggi akan menghemat pengeluaran jika grinder rusak. Selain itu, merek grinder tertentu juga telah menyediakan grinder berkualitas.

Lihat juga: Harga Mesin Cetak Bakso

Selain berkualitas, pemilihan grinder yang mudah dibersihkan adalah salah satu faktor yang harus diperhitungkan. Grinder harus sesering mungkin dibersihkan agar sisa biji kopi tidak menyumbat mesin grinder. Grinder yang terawat dan terjaga kebersihannya akan lebih tahan lama. Itu adalah beberapa tips dalam dalam memilih Grinder terbaik sebagai mesin giling kopi. Tips ini sangat bermanfaat bagi para penikmat kopi.