Begini Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Telah Dihapus Permanen

cara mengaktifkan kembali akun facebook yang telah dihapus permanen

Banyak sekali kenangan yang dibagikan di sosial media, tapi karena adanya hal yang melanggar, pihak pengembang melakukan suspend bahkan menguncinya. Oleh karena itu, simaklah cara mengaktifkan kembali akun Facebook yang telah dihapus permanen agar dapat menikmati lagi aktivitas yang pernah dibagikan di linimasa!

Penyebab Akun Facebook Dihapus

Sebelum membaca cara mengaktifkan kembali akun Facebook yang telah dihapus permanen, ketahuilah dahulu apa saja yang menyebabkan hal tersebut. Ini dimaksudkan agar para pengguna tidak melakukan kesalahan yang sama dan melanggar peraturan. Dua aktivitas di bawah ini sering kali diabaikan yang ternyata bisa berakibat fatal:

1. Membuat Postingan yang Tidak Pantas

Suka membuat status atau membagikan postingan orang lain yang melanggar SARA dan berbau pornografi? Jika begitu, para pengguna patut waspada sebab pihak Facebook bisa saja menghapus akun secara permanen ketika menerima laporan. Aktivitas lain yang kerap dilakukan adalah spam komentar atau like dan mengganggu pengguna lainnya.

2. Menggunakan Akun Palsu

Saat melakukan pendaftaran pertama kali, pihak Facebook biasanya sudah mengingatkan untuk memakai identitas asli dan sesuai dengan sehari-hari. Tapi masih saja ada yang bandel dan berakibat pada terkuncinya akun. Sebenarnya hal ini dimaksudkan untuk menciptakan keamanan bagi para pengguna. Karena fake account biasa dipakai menyamar dan melakukan hal merugikan.

Cara Mengaktifkan Akun yang Dihapus

Jika sudah tahu hal-hal yang menjadi penyebab, sekarang adalah saatnya menyimak cara mengaktifkan kembali akun Facebook yang telah dihapus permanen oleh pihak pengelola. Namun perlu diketahui bahwa langkah-langkah ini akan bekerja ketika dipraktekkan pada FB yang asli. Yang mana ketika mendaftar memakai identitas diri yang sesuai.

1. Siapkan Kartu Identitas

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengguna akun sosial media Facebook yaitu menyiapkan kartu identitas yang digunakan dulu saat sign up pertama kali. ID di sini harus berupa tanda pengenal yang di dalamnya terdapat foto. Dapat memakai Kartu Tanda Penduduk, Surat Izin Mengemudi, ataupun Paspor.

Setelah mendapatkan kartu ID yang sesuai, pengguna harus melakukan scan memakai aplikasi scanner di perangkat. Ada aturan khusus yang harus dipenuhi, yaitu gambar tidak boleh terpotong dan setiap sisinya terlihat. Selain itu, foto pemilik akun beserta data diri lain, seperti nama, tanggal lahir, kota/kabupaten diharuskan jelas

2. Ajukan Banding pada Facebook

Tahapan berikutnya agar akun yang dihapus dapat aktif kembali adalah mengajukan banding dengan mengisi formulir tertentu. Jangan dulu masuk ke aplikasi Facebook, tapi bukalah browser apa pun di smartphone android. Setelah itu, pada kolom pencarian tulislah alamat pengaduan yang harus dikunjungi.

Setelahnya pengguna akan diarahkan ke dalam sebuah form yang berupa aduan mengenai akun yang dihapus. Isikan alamat email atau nomor telepon yang dipakai mendaftar dulu pada kolom yang sudah disediakan. Jangan lupa tuliskan pula nama profil Facebook yang sesuai dengan identitas diri. Sentuhan terakhir, unggah foto hasil scan kartu ID lalu tekan OK.

3. Tunggulah Proses Peninjauan

Formulir yang telah dikirim tersebut akan ditinjau ulang oleh pihak Facebook. Biasanya ini memerlukan waktu tidak melebihi 24 jam. Jika tidak segera ditanggapi, cobalah untuk mengajukan banding ulang. Kalau berhasil, identitas akan diterima dan pengguna memperoleh pemberitahuan berupa notifikasi bahwa akun sudah diaktifkan kembali melalui email.

Itulah penjelasan mengenai cara mengaktifkan kembali akun Facebook yang telah dihapus permanen sebab keluar dari standar yang ditentukan. Sebaiknya para pengguna lebih berhati-hati dan mematuhi semua aturan.

BACA JUGA: Cara Mereset Wifi IndiHome Jenis ZTE dan TP Link dengan Mudah

Tinggalkan komentar