Begini Cara Ganti Kartu Indosat dengan Nomor yang Sama Untuk Kartu Hilang dan Rusak

cara ganti kartu indosat dengan nomor yang sama

Untuk sebagian orang, masalah kartu SIM yang rusak atau hilang adalah masalah yang sangat besar. Apalagi jika nomor kartu tersebut telah dipakai amat lama serta kerabat dan kolega penting telah menyimpan nomor tersebut. Melihat sering terjadinya masalah seperti itu, pihak Indosat ternyata telah menyediakan cara ganti kartu Indosat dengan nomor yang sama sebagai solusinya.

Solusi tersebut sangatlah berguna karena dengan begitu, nomor lama yang sudah tersebar dan diketahui oleh banyak orang akan tetap aktif. Jadi, orang tetap dapat menghubungi atau mengontak pihak yang mengalami kehilangan atau kerusakan kartu Indosat. Selain itu, pemilik kartu yang hilang atau rusak tidak perlu membeli kartu baru. Berikut panduan singkat untuk melakukan cara ganti kartu tersebut:

Prosedur Ganti Kartu Indosat yang Rusak

Ada berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada kartu SIM. Misalnya kartu yang rusak secara fisik seperti retak atau patah. Ada pula yang secara fisik terlihat baik namun tidak bisa berfungsi ketika dimasukkan ke HP. Berikut adalah cara ganti kartu Indosat dengan nomor yang sama untuk segala macam kerusakan kartu:

1. Periksa Apakah Kartu Benar-Benar Mengalami Kerusakan

Periksalah apakah kartu Indosat yang dipakai benar-benar mengalami kerusakan serta kerusakannya itu tidak berasal dari hal lainnya. Caranya, coba restart HP yang dipakai. Keluarkan kartu dari HP lalu pasangkan kembali. Apabila tetap tidak berhasil, coba pasangkan kartu tersebut pada HP teman. Jika tetap tidak berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa kartu Indosat itu memang benar-benar rusak.

2. Kunjungi Gerai Indosat Terdekat

Untuk mengganti kartu SIM Indosat yang mengalami kerusakan agar nomornya tidak berubah, kunjungi Gerai Indosat terdekat. Bawalah kartu identitas yang sah seperti KTP atau Paspor. Jika sudah sampai, ambil nomor antrian dan tunggulah hingga dipanggil.

Apabila sudah dipanggil, katakanlah kepada customer service bahwa berniat melakukan penggantian kartu yang mengalami kerusakan sembari menyerahkan kartu identitas. Beberapa menit kemudian, kartu Indosat yang baru sudah siap dibawa pulang.

Prosedur Ganti Kartu Indosat yang Hilang

Untuk kartu Indosat yang hilang, prosedur penggantian kartunya agak sedikit berbeda. Hal itu dikarenakan kartu yang hilang dapat saja ditemukan oleh seseorang dan digunakan untuk perbuatan jahat. Jadi, ikutilah cara ganti kartu Indosat dengan nomor yang sama untuk kartu yang hilang berikut ini:

1. Hubungi Call Center Untuk Memblokir Nomor

Jika kartu Indosat yang dipakai hilang, segera telepon nomor call center Indosat, yaitu (021)3000-3000, untuk memblokir nomor tersebut. Hal ini dilakukan agar nomor tersebut tak dipakai oleh penemu kartu untuk perbuatan yang jahat.

Biasanya, operator akan menanyakan nomor KK serta NIK yang didaftarkan ketika registrasi melalui 4444 dulu untuk diverifikasi. Bila datanya cocok, maka operator akan langsung memblokir kartu Indosat sesuai permintaan.

2. Datang ke Gerai Indosat Terdekat

Selanjutnya, datanglah ke Gerai Indosat lalu ambil nomor antrian. Apabila sudah terpanggil, katakan kepada customer service bahwa ingin melakukan penggantian kartu yang hilang namun nomornya tidak berubah. Kemudian petugas akan meminta nomor kartu Indosat yang hilang dan KTP asli pemilik kartu tersebut. Jika telah diproses, maka kartu Indosat yang baru dengan nomor yang sama sudah dapat dipakai.

Demikianlah cara ganti kartu Indosat dengan nomor yang sama, baik untuk kartu Indosat yang rusak ataupun hilang. Biasanya, cara ganti kartu tersebut bisa dilakukan secara gratis. Namun untuk antisipasi, bawalah beberapa lembar uang agar dapat diberikan ke customer service apabila ternyata ada biaya administrasi yang harus ditebus. Jika benar ada, biaya administrasinya juga tidak akan mahal.

BACA JUGA: Aplikasi Kamera Selfie untuk iPhone Agar Hasil Foto Bagus

Tinggalkan komentar